Self Hypnotist (Self Hypnosis)- Pengertian, Manfaat dan Cara Melakukan Self Hipnotis

Self Hypnotist (Self Hypnosis)- Pengertian, Manfaat dan Cara Melakukan Self Hipnotis


Halo Sobat Panduan Hipnotis, Kali ini kita akan membahas tentang Self Hypnotist atau Self Hipnosis. Kalo diartikan secara kasar Self Hipnosis berarti menghipnots diri sendiri, nah untuk lebih jelasnya mari kita simak pembahasannya.

cara melakukan sefl hypnosis

Pengertian Self Hipnosis atau Self Hypnosis

Self Hipnosis berasal dari gabungan dua kata yaitu "self" dan "Hypnosis", yang mana self punya arti diri sendiri sedangkan Hypnosis yang berarti hipnotis. Sehingga dapat juga diartikan menghipnotis diri sendiri.

Self Hipnosis itu sendiri merupakan suatu teknik untuk menghipnotis diri sendiri, atau dapat juga diartikan "Hipnotis" dan Subyek (Suyet) merupakan orang yang sama.

Pada umumnya teknik induksi yang digunakan yaitu Extended Progressive Relaxation, dan teknik deepeningnya menggunakan teknik deepning hitung mundur, misalnya menghitung dari 5 sampai 1.

Manfaat Self Hypnotist (Self Hypnosis)

Buat apa sih kita melakukan self hipnotis, emang ada manfaatnya buat kita? Banyak banget manfaatnya sob. Melalui self hypnosis kamu bisa menanamkan sugesti-sugesti positif kepada diri kamu Sendiri SOB, yang mana pastinya bertujuan untuk mengimprov atau mengembangkan diri kamu dengan cara yang sangat mudah dan sederhana.

Sugesti ini bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhana kamu sob, yang pasti untuk pengembangan diri kamu. Misalnya kamu punya kebiasaan buruk selalu kebelet pipis kalau liat cewe cantik, nah itu dengan mudah bisa dihilangkan. Nah yang tidak kalah penting adalah dapat meningkatkan motivasi dan percaya diri yang mana kedua hal ini sangat dibutuhkan saat kita lagi kena masalah sob.

Karena tidak sedikit orang yang kehilangan nyawanya, pake acara siaran live lagi... gara-garanya ga punya motivasi dan rasa percaya diri sob. Pas kamu lagi ngerasa bebanmu terlalu berat kamu bisa melakukan self hypnosis ini dan jangan lupa ibadah ya SOB, karena bagamanapun juga Tuhan yang lebih menentukan.

Cara Melakukan Self Hipnotis atau Self Hypnosis

Sesuai dengan namanya Self Hypnosis, merupakan yang hipnosis yang dilakukan oleh diri kita sendiri. Ada beberapa hal yang perlu Sobat perhatikan sebelum melakukan self hypnosis, diantaranya sebagai berikut:
1. Slef hypnosis sebaiknya dilakukan dalam kondisi duduk santai, tapi jika sobat Panduan Hipnotis lebih nyaman tiduran sobat boleh kok melakukannya sambil tiduran. Yang terpenting baik itu duduk atau tiduran merupakan posisi yang paling PeWe atau paling nyaman buat Sobat.
2. Setiap satu sesi self hypnosis pada satu waktu, hanya untuk satu tema pemrograman. Misalnya sesi satu ini tentang meningkatkan rasa percaya diri saja sperti itu, untuk program pengembangan diri lainnya bisa dilakukan di sesi yang lain. Dalam satu hari boleh melakukan beberapa sesi self hypnosis asalkan tiap sesi hanya satu tema.
3. Susunan sugesti yang akan ditanamkan atau digunakan dalam self hypnosis haruslah sederhana dan mudah dipahami. Sebaiknya kamu menggunakan kalimat positif, waktunya adalah saat ini, melakukan pengulangan, dan jika perlu menggunakan kalimat progresif (bertahap). Contoh: Mulai saat ini dan seterusnya, saya meninggalkan kebiasaan merokok saya, supaya dapat hidup lebih baik dan sehat bagi diri sendiri, keluarga dan orang di sekitar saya”
dan bila perlu ulang sugesti secukupnya sampai benar-benar tertanam dalam pikiran kita sob.
4. Dapat diakhir dengan terminasi atau bisa juga sobat lanjutkan dengan tidur secara alami.

Langkah-langkah melakukan Self Hypnosis

Sebelum masuk ke proses self hypnotis sobat bisa memutar musik relaksasi dan juga menambahkan atau membakar aroma terapi agar suasanya menjadi semakin nyaman.

- Relaksasi Awal

Ucapkan dalam hati:
"setiap kali saya hembuskan nafas.. saya akan memasuki rasa rilek dan nyaman yang lebih dalam dari pada sebelumnya...."
"saya akan mengitung mundur mulai dari 25 ke 1 bersama hembusan nafas saya.. dan setiap kali saya, mengitung.. saya merasakan kenyamanan dan ketenangan yang lebih dalam dari pada sebelumnya.."


Mulailah mengitung mundur sambil menghirup nafas..

- Relaksasi Mata

Ucapkan dalam hati:
"Mata.. saya perintahkan kamu menjadi sangat rileks, sangat nyaman... dan sangat malas.. sedemikian malasnya, kamu tidak mau membuka meskipun kamu ingin membuka. Bahkan untuk bergerakpun kamu juga sangat malas.."

Baca berulang kali, sampai sobat merasa matamu sangat santai dan malas untuk bergerak. Kemudian cobalah untuk membuka mata, jika mata sobat sudah terasa berat atau tidak mau terbuka kamu bisa lanjutkan ke tahap berikutnya. Namun jika masih bisa terbuka, ulangi lagi sampai mata sobat malas untuk membuka.

- Relaksasi Leher

Ucapkan dalam hati:
"Leher.. saya perintahkan kamu menjadi sangat santai, malas dan lemas.. sehingga saya sama sekali tidak dapat menggerakkanmu.. wahai leher, kamu sangat lemas dan malas, bahkan kamu samasekali tidak ingin bergerak sedikitpun juga, meskipun aku berusaha menggerakkanmu..'

Baca berulang kali, sampai sobat merasa leher sobat terasa sangat lemas, santai dan malas untuk bergerak. Kemudian cobalah untuk menggerakkan leher, jika leher sobat sudah terasa malas dan tidak mau bergerak maka kamu bisa lanjutkan ke tahap berikutnya. Namun jika lehermu masih bisa bergerak, ulangi lagi sampai leher sobat malas untuk bergerak.

- Relaksasi Tangan

Ucapkan dalam hati:
"Wahai kedua tangan dan jari-jariku... Kamu saya perintahkan untuk memasuki relaksasi total sehingga sekarang juga kamu menjadi sangat lemas, malas dan tidak ingin sama sekali untuk bergerak, meskipun saya mencoba menggerakkanmu.."

Baca berulang kali, sampai sobat merasa tangan sobat terasa sangat lemas, santai dan malas untuk bergerak. Kemudian cobalah untuk menggerakkan tangan, jika tangan sobat sudah terasa malas dan tidak mau bergerak maka kamu bisa lanjutkan ke tahap berikutnya. Namun jika tanganmu masih bisa bergerak, ulangi lagi sampai tangan sobat malas untuk bergerak.

- Deepening

Ucapkan dalam hati:
" Saya akan mengitung mundur dari 25 ke 1 bersamaan dengan hembusan nafas saya.. dan setiap kali saya mengitung.. Saya akan merasakan ketengangan dan kenyamanan yang lebih dalam daripada sebelumnya.."

Mulailah mengitung mundur...

- Pemrograman

Pada tahap ini sobat ucapkan apa yang sobat ingin program, dan jangan lupa melakukan pengulangan dan juga penambahan imajinasi (visualisasi) serta emosi posotif. Misalnya jika ingin berhenti merokok maka scripnya sepreti ini: "Mulai saat ini dan seterusnya, saya meninggalkan kebiasaan merokok saya, supaya dapat hidup lebih baik dan sehat bagi diri sendiri, keluarga dan orang di sekitar saya”

- Terminasi atau pengakhiran

" Saya akan menghitung dari 1 sampai 10 dan nanti pada hitungan ke 10 saya akan bangun membuka mata dalam konsisi yang sangat sehat, segar dan positif.."

Mulailah sobat menghitung secara perlahan-lahan hingga nantinya sobat membuka mata...

Nah bagiman sob, mudah bukan?? (Bukan, kebanyakan scrip yang harus dihafal), iya juga sih, gini sob... biar mudah kamu bisa lho ambil Handphone kemudia kamu rekam tuch scrip, kalau sudah tinggal kamu stel dech. Biar lebih aman kamu ulang beberapa kali tiap scripnya, takutnya jika tidak berulang kamu belum rileks usdah ganti ke tahap relaksasi selanjutnya...

Baca artikel bermanfaat lainnya "Cara Mudah Menurunkan Berat Badan Dengan Slef Hypnosis" dan Juga "Cara Mudah Berhenti Merokok Dengan Self Hypnosis"

Jika artikel ini bermanfaat kenapa tidak kamu bagikan sob?? Ayo bagikan ramai-ramai agar seluruh dunia bisa mendapatkan manfaat juga dari artikel ini...

1 Response to "Self Hypnotist (Self Hypnosis)- Pengertian, Manfaat dan Cara Melakukan Self Hipnotis"