Induksi Hipnotis (Induction Hypnosis) - Pengertian, Macam dan Cara Melakukan Induksi

Induksi Hipnotis (Induction Hypnosis) - Pengertian, Macam dan Cara Melakukan Induksi


Halo Sobat Panduan Hipnotis, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Induksi dalam hipnosis, mulai dari pengertian induksi, macam-macam induksi dan juga bagaimana cara melakukan induksi itu sendiri. Tanpa perlu berpanjang lebar, silahkan simak pembahasan kita kali ini.

induksi hipnotis pengertian macam dan cara

Pengertian Induksi

Induksi merupakan suatu teknik yang digunakan untuk membawa subyek atau suyet ke kondisi Hypnotic State atau keadaan yang siap untuk diberikan sugesti.

Tahap ini salah satu tahap terpenting dalam suatu rangkaian hipnosis, karena seperti yang kita ketahui bahwa sugesti akan langsung diterima subyek jika si subyek sudah berada pada Hypnotic State ini. Sedangkan inti dari hypnosis adalah pemberian sugesti positif, jadi mana mungkin terjadi pemberian sugesti jika si subyek tidak dapat mencapai tahap ini.

Seorang hypnotis sangat mutalk harus menguasi teknik induksi ini.Induksi ini dilakukan sesaat setelah kita selesai melakukan sugestibilitas tes, setelah diketahui tingkat sugestibilitas si subyek baru kita tentukan kira-kira mana induksi yang cocok dan langsung bisa membawanya ke tahan hypnotic state tadi.

Macam-Macam Induksi

Seiring berjalannya waktu macam dan jenis induksi ini berkembang sehingga menjadi semakin banyak dan beranekaragam. Namun untuk hipnotis pemula seperti kita sob, kita dapat sederhanakan menjadi dua golongan saja sob, yaitu:

1. Instant Induction

Instan induction atau induksi instan ini merupakan jenis induksi yang tepat digunakan untuk subyek yang mempunyai sugestibilitas tinggi yang mudah untuk diberi sugesti, contoh dari induksi instan ini adalah rapid induction dan shock induction.

2. Extended Progressive Relaxation

Jenis induksi ini diberikan untuk subyek yang sugestibiltasnya sedang dan rendah, umumnya mereka ini sulit untuk rileks secara alami sehingga perlu adanya panduan untuk melakukan rekasasi total. Orang yang seperti ini untuk mencapai hypnotic state memerlukan suana yang benar-benar tenang.

Cara Melakukan Induksi

Seperti yang telah disebutkan di atas sob jenis sangat banyak, sehingga caranya pun juga banyak sesuai dengan jenisnya. Kerena setiap jenis induksi memiliki teknik dan scrip yang tersendiri sob, untuk kali ini kita akan bahas yang paling mudah dan efektif dan yang terpenting sangat cocok untuk hipnotis pemula seperti kita sob.

1.TANGAN LENGKET

Teknik Tangan Lengket dapat dipakai dalam hypnosis massal. Kunci dari teknik ini yaitu menyibukkan pikiran  dan fisik subyek sehingga tidak sempat menganalisa peristiwa yang sedang dia alami. Teknik ini membuat tangan subyek berada pada kondisi yang tidak nyaman untuk melakukan gerakan apapun.

Script:
"Bayangkan saat ini kedua telapak tangan kamu saya beri lem super kuat..... (peragakan seolah-olah sobat menuang lem pada telapak tangan subyek)
Kemudian, kedua tangan kamu saya ikat dengan sebuah tali yang  sangat kuat...... (bergeraklah seolah-olah sobat sedang mengikat kuat tangan subyek dengan tali)
Semakin lama, tali yang mengikat tangan kamu menjadi semakin kuat ikatannya..................
Sekarang tutup mata Kamu
Jika kamu berusaha memisahkan kedua tangan kamu maka ikatan tali tersebut justru menjadi jauh lebih kuat dari kamu....
Saya hitung sampai tiga
Pada setiap hitungan....... kedua tangan kamu menjadi semakin lengket dan  bersatu.... karena lem super dan ikatan di tangan kamu
Satu......... semakin lengket, erat dan menyatu.....
Dua......lebih lengket, erat, kuat dan menyatu..........
Tiga........kedua tangan kamu sudah menyatu dan sangat erat sekali......
Kedua tangan kamu menempel sangat kuat satu sama lain.....
Sekarang dengan kedua tangan yang menempel kuat satu sama lain, kamu bahkan sangat kesulitan untuk memisahkan kedua tangan kamu....
Semakin keras kamu coba untuk memisahkannya maka ikatan tangan kamu malah semakin kuat dan semakin kencang dari pada sebelumnya...........
Silakan kamu coba melepaskan tangan kamu............
Semakin kuat kamu coba memisahkannya......maka kedua tangan kamu malah menempel semakin kuat semakin erat.......
Semakin kuat kamu coba memisahkannya....maka kedua tangan kamu menempel semakin kuat semakin erat.....

Kegagalan penggunaan teknik tangan lengket ini biasanya karena hipnotis ragu dalam mengucapkan induksi, sehingga klien punya kesempatan untuk menganalisa keadaan tangannya.

2. TEKNIK KEJUT

Teknik ini sebenarnya sangat ampuh dan sangat mudah, sobat bisa langsung meneruskan sesaat melakukan sugestibilitas tes menggunakan training focus. Yaitu menggunkan teknik yang meminta subyek fokus pada jari yang kaku dan lurus.

Script:
"Bayangkan telunjuk jari tangan kamu menjadi sebuah paku besi yang kaku dan lurus.......
karena sangat kakunya tidak dapat dibengkokkan oleh siapapun termasuk oleh kamu sendiri.......
Sekali lagi bayangkan telunjuk kamu menjadi paku besi yang kaku dan lurus.......sehingga tidak ada siapapun yang bisa membengkokkannya termasuk kamu sendiri.
Semakin dicoba dibengkokkan justru semakin kaku...... semakin kamu coba bengkokan justru semakin kaku, semakin kamu coba bengkokan malah semakin kaku lagi.
silahkan kamu coba bengkokan tapi telunjuk kamu justru semakin lurus........"


Nah kita teruskan telunjuk yang kaku tadi, Minta dia untuk terus fokus pada jarinya yang kaku sambil minta dia untuk tarik nafas yang dalam dari hidung dan hembuskan lewat mulut.
sampai 3 kali ya. Pada saat tarikan nafas yang kedua minta tetap fokus pada jarinya bersamaan dengan itu dekatkan telunjuk suyet kearah matanya dengan menggukan tangan anda secara perlahan sampai dia menghembuskan nafasnya.
Inti yang penting, pada saat tarikan ketiga dan saat paling dalam dia mengambil nafas secara "MENDADAK" tutupkan telapak tangan anda ke matanya sambil uncapkan dengan tegas "TIDUR". Jika anda melakukan dengan benar dijamin pasti langsung tertidur.

Nah bagaimana sob mudah ya bukan, baca juga artikel yang lainnya sob "Cara Mudah Belajar Self Hypnosis" dan  "Cara Mudah Belajar Hipnotis Langsung Bisa"


Jika artikel ini bermanfaat kenapa tidak kamu bagikan sob....

0 Response to "Induksi Hipnotis (Induction Hypnosis) - Pengertian, Macam dan Cara Melakukan Induksi"

Posting Komentar